USB Hub 3.0

Teknologi yang semakin maju mendorong orang untuk berinovasi, salah satunya adalah dalam bidang komputer ini. usb hub 3.0 menjadi salah satu inovasi yang terbilang masih baru. Dulu orang menggunakan disket untuk penyimpanan data, disket itu sendiri berbentuk lempengan kotak. Di film-film jaman dulu pun menggunakan disket misalkan untuk menyimpan informasi rahasia dan sebagainya. Sekarang kita sudah menggunakan flashdisk, sebuah alat penyimpanan data yang bentuk populernya adalah seperti balok yang panjangnya bervariasi. Saat ini sudah banyak bentuk flashdisk yang unik misalkan tokoh kartu dan sebagainya.

 

Flashdisk digunakan untuk menyimpan dan transfer data yang menggunakan “media” USB agar bisa terhubung dengan perangkat lain seperti komputer, laptop, televisi, mp3 player, dan lain sebagainya. Untuk koneksi dengan komputer dan laptop, saat ini sudah menggunakan teknologi USB 3.0 yang sebelumnya adalah 2.0. Orang semakin menginginkan sesuatu yang lebih cepat, hal tersebut diterapkan tentu saja ada perbedaan yang sangat signifikan antara USB 2.0 dan 3.0, contohnya dalam hal transfer speed atau kecepatan transfer data, dimana USB 3.0 memiliki kecepatan yang di klaim bisa 10 kali kecepatan transfer USB 2.0. Selain menggunakan media USB yang terpasang di komputer atau laptop, kita juga bisa menggunakan usb hub 3.0.

 

Penggunaan USB hub ini bertujuan untuk memperbanyak port USB yang biasa di komputer hanya tersedia 3-5 buah untuk port USB. Sekarang ada berbagai macam USB hub yang ditawarkan. Hal yang membuat menarik adalah lubang atau port USB yang semakin banyak dan juga bentuk USB hub yang sangat beragam, mulai dari karakter kartun, atau berbentuk binatang maupun benda-benda lain yang menarik. USB hub bisa digunakan untuk mengkoneksikan beberapa perangkat sekaligus. Saat ini juga sudah ada USB hub yang menggunakan USB 3.0, sehingga kecepatan transfer datanya lebih cepat. usb hub 3.0 ini tentu harganya lebih mahal, namun dengan kualitas yang sangat baik. Bahkan ada USB Hub yang kecepatannya mencapai Gbps atau giga bytes per second.